RANCANGAN SISTEM FORUM DISKUSI ONLINE UNTUK PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA

Authors

  • Wanda Kurniawan Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Andi Suprianto Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Bandot Sumardiyono Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional

Abstract

Forum diskusi online merupakan media penyalur informasi, ide, gagasan, maupun
pertanyaan. Dalam informasi tersebut berisi text, gambar, atau video. Program Studi Sistem
Informasi ISTN merupakan salah satu lembaga yang memberikan pelayanan pendidikan
kepada mahasiswa. Pada Program Studi Sistem Informasi, media pembelajaran mahasiswa
masih dilakukan dengan cara manual atau belum terkomputerisasi.Maka dibuat Forum
Diskusi Entersi yang dapat memberikan pembelajaran tentang sistem informasi secara online
kepada Mahasiswa, selain itu juga sebagai media berbagi informasi pembelajaran, lowongan
pekerjaan, prospek lulusan, serta info mengenai profil dan pendaftaran calon Mahasiswa
Sistem Informasi kepada masyarakat luas. Metode perangkat lunak yang digunakan yaitu
menggunakan Metode System Development Life Cycle (SDLC) Model Waterfall. Proses
pembuatan sistem informasi secara terstruktur dan berurutan dimulai dari penentuan
masalah, analisa kebutuhan, perancangan implementasi, integrasi, uji coba sistem,
penempatan dan pemeliharaan. Alat untuk perancangan program menggunakan Unified
Modeling Language (UML), sertamenggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database
MySQL. Kelebihan dari sistem informasi ini yaitu adanya fitur chatting antar member,
kegiatan posting topik selain foto juga dapat menambahkan file, maupun video.

Downloads

Published

2018-03-19

How to Cite

Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. (2018). RANCANGAN SISTEM FORUM DISKUSI ONLINE UNTUK PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA. JURNAL REKAYASA INFORMASI, 5(2). Retrieved from https://journal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/177

Most read articles by the same author(s)