RANCANG BANGUN APLIKASI PEMESANAN LAPANGAN BADMINTON DI GOR IBNU MANDIRI
DOI:
https://doi.org/10.37277/jri.v13i2.2172Abstrak
Sejalan dengan meningkatnya minat bermain badminton, Gor Ibnu Mandiri dihadapkan dengan
manajemen pemsanan lapangan yang masih menggunakan manual dimana proses ini akan menimbulkan
potensi konflik jadwal. Tujuan skripsi ini adalah menghasilkan aplikasi pemesanan lapangan badminton
untuk dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam melakukan pemesanan. Adapun jenis metode yang
digunakan adalah metode waterfall. Perancangan aplikasi ini dilakukan berdasarkan metode waterfall
yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implemenasi, uji coba, dan pemeliharaan. Pada tahapan
analisis kebutuhan, dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna dan perangkat lunak yang dievaluasi dan
dikumpulkan informasinya sebanyak mungkin. Sedangkan tahapan desain sistem melibatkan
perancangan arsitektur aplikasi maupun antarmuka pengguna. Implementasi dilakukan dengan
mengkode aplikasi sesuai kebutuhan perancangan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukan bahawa
aplikasi yang dirancang dengan baik dapat mengotomatisasi proses pemesanan lapangan. Aplikasi ini
memungkinkan pengguna untuk memungkinkan pengguna untuk melakukan reservasi secara online,
melihat jadwal lapangan, dan membayar digital. Selain itu, aplikasi ini meningkatkan kepuasan pengguna
dan mengurangi kesalahan penjadwalan. Metode waterfall memastikan kualitas dan stabilitas aplikasi
dengan membuat proses pengembangan aplikasi terorganisir dan terstruktur dengan baik.
Kata kunci : Ordering Application, Waterfall Method, System Development, Gor Ibnu Mandiri

