PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI ORGAN JANTUNG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Aryo Nur Utomo Program Studi Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Dinda Lutfiyah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Informasi Institut Sains dan Teknologi Nasional

Abstrak

Media Pembelajarn interaktif saat ini sangat diminati dan telah banyak di aplikasikan untuk menyampaikan materi pelajaran, namun untuk dibidang kesehatan masih sangat minim. Proyek tugas akhir ini dibuat dengan tujuan diciptakannya media pembelajaran yang secara interaktif khususnya mengenai pembelajaran dibidang kesehatan. Aplikasi media pembelajaran interaktif 3D menggunakan teknologi Augmented Reality berbasis Android ini untuk simulasinya dirancang dan dikembangkan menggunakan software 3D yaitu Blender 2.91.2 , dan software pendukung untuk Augmented Reality nya yaitu Unity 2017. Pengembangan media ini menghasilkan aplikasi multimedia yang berupa media pembelajaran interaktif berbasis 3D. Media pembelajaran ini berbasis 3D yang disajikan dalam simulasi dari Media Pembelajaran mengenai Permukaan Jantung, Sistem Kardiovaskuler serta Penanganan Serangan dan Henti Jantung.

Kata kunci : Augmented Reality, Blender , Unity, Pembelajaran, Jantung, Android

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-16

Cara Mengutip

Utomo, A. N., & Lutfiyah, D. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAI ORGAN JANTUNG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Jurnal Rekayasa Informasi, 10(2), 129–135. Diambil dari https://journal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/1160

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>