PEMANFAATAN APLIKASI CUSTOMERS RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS MICROSERVICE PADA SISTEM INFORMASI KOPERASI

Penulis

  • Yosafat Dony Kristovel Institut Sains dan Teknologi NasionalInstitut Sains dan Teknologi Nasional
  • Marhaeni Marhaeni Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Lely Mustika Institut Sains dan Teknologi Nasional

Abstrak

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan seseorang atau badan hukum koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Namun akibat terjadinya pandemi Covid-19, kegiatan koperasi secara Tradisional tidak dapat dilakukan baik pihak koperasi maupun bagi anggota koperasi. Tujuan dari penelitian ini di harapkan yaitu untuk merancang dan membangun aplikasi yang dimana dapat membantu pihak koperasi untuk memperoleh informasi anggota koperasi dengan cepat di dalam aplikasi Customers Relationship Management (CRM) Berbasis Microservice Pada Sistem Informasi Koperasi. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dan terakhir studi pustaka dalam metode pengumpulan datanya, lalu perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan Node.js sebagai bahasa back-end.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-08

Cara Mengutip

Kristovel, Y. D., Marhaeni, M., & Mustika, L. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI CUSTOMERS RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS MICROSERVICE PADA SISTEM INFORMASI KOPERASI. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(1), 58–63. Diambil dari https://journal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/1221

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>