PERENCANAAN MODEL BISNIS PADA START-UP “FEME.ID” MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

Penulis

  • Siti Muflikhatun Universitas Amikom Purwokerto
  • Retno Waluyo Universitas Amikom Purwokerto

Abstrak

Business Model Canvas (BMC) merupakan model bisnis dengan sembilan blok yang digunakan untuk merencanakan model bisnis menjadi strategi bisnis yang kuat untuk dapat bersaing di pasaran. Penelitian ini dilakukan untuk merencanakan model bisnis pada start-up “FEME.ID†menggunakan metode Business Model Canvas. “FEME.ID†terbentuk berdasarkan permasalahan yang ada pada masyarakat saat ini seperti angka stunting di Indonesia masih mencapai angka 24,4 persen, berdasarkan survei yang dilakukan pada bulan Juli dan Agustus 2021 di 11 negara dan diikuti oleh 5.496 responden yang berusia diatas 18 tahun. 63% konsumen di Indonesia mengatakan bahwa kesehatan fisik mereka saat ini kurang ideal sehingga diperlukan adanya platform yang dapat digunakan untuk melakukan konsultasi gizi dengan biaya yang dapat dijangkau semua kalangan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode kualitatif dan pengumpulan data primer dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menghasilkan perencanaan sembilan blok model bisnis pada start-up “FEME.ID†dengan metode Business Model Canvas. Sembilan blok BMC ini membentuk model bisnis yang utuh dan bisa dijadikan sebagai strategi bisnis untuk dapat bersaing.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-10

Cara Mengutip

Muflikhatun, S., & Waluyo, R. (2022). PERENCANAAN MODEL BISNIS PADA START-UP “FEME.ID” MENGGUNAKAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Jurnal Rekayasa Informasi, 11(2), 92–100. Diambil dari https://journal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/1398