ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN HARGA BBM BERDASARKAN KOMENTAR PENGGUNA FACEBOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEXICON (STUDI KASUS PAGE VOA INDONESIA)

Penulis

  • Nabialtul Arofah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi Informasi Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Aryo Nur Utomo Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi Informasi Institut Sains dan Teknologi Nasional

Abstrak

Facebook merupakan media sosial yang dapat dijadikan tempat untuk memberikan pendapat terhadap isu yang sedang terjadi. Salah satunya yaitu isu kenaikan harga BBM pada bulan September 2022. Kenaikan harga BBM selalu menjadi polemik dikalangan masyatakat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen terhadap isu tersebut menggunakan metode lexicon. Metode lexicon merupakan metode mengklasifikasi sentimen kedalam tiga kelas, yaitu negatif, positif, dan, netral. Hasil dari penelitian ini yaitu bernilai sentimen negatif dengan jumlah data sebanyak 649 baris dengan presentase sebesar 53,81%, sentimen positif sebanyak 344 baris dengan presentase sebesar 28,52%, dan sentimen netral sebanyak 213 baris dengan presentase sebesar 17,7%.                       

Kata Kunci:  Facebook, BBM, Analisis Sentimen, Lexicon

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-26

Cara Mengutip

Arofah, N., & Utomo, A. N. (2024). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN HARGA BBM BERDASARKAN KOMENTAR PENGGUNA FACEBOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEXICON (STUDI KASUS PAGE VOA INDONESIA). Jurnal Rekayasa Informasi, 13(2), 75–82. Diambil dari https://journal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/2167

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>