ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN HARGA BBM BERDASARKAN KOMENTAR PENGGUNA FACEBOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEXICON (STUDI KASUS PAGE VOA INDONESIA)
Abstrak
Facebook merupakan media sosial yang dapat dijadikan tempat untuk memberikan pendapat terhadap isu yang sedang terjadi. Salah satunya yaitu isu kenaikan harga BBM pada bulan September 2022. Kenaikan harga BBM selalu menjadi polemik dikalangan masyatakat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sentimen terhadap isu tersebut menggunakan metode lexicon. Metode lexicon merupakan metode mengklasifikasi sentimen kedalam tiga kelas, yaitu negatif, positif, dan, netral. Hasil dari penelitian ini yaitu bernilai sentimen negatif dengan jumlah data sebanyak 649 baris dengan presentase sebesar 53,81%, sentimen positif sebanyak 344 baris dengan presentase sebesar 28,52%, dan sentimen netral sebanyak 213 baris dengan presentase sebesar 17,7%.
Kata Kunci: Facebook, BBM, Analisis Sentimen, Lexicon

