IMPLEMENTASI METODE SCRUM DAN ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI FRAMEWORK CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT(CRM) PADA PERUSAHAAN RENTAL MOBIL
DOI:
https://doi.org/10.37277/stch.v31i2.1155Abstrak
Pesatnya persaingan bisnis menuntut untuk menerapkan suatu strategi yang tepat demi mendukung proses bisnisnya, salah satunya ialah melalui customer relationship management, dengan tujuan untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Loyalitas diharapkan terlaksana, mulai dari pelanggan mencari informasi hingga selesai mendapatkan layanan. Penerapan Customer Relationship Management (CRM) menjadi sebuah alternatif solusi yang tepat guna terwujudnya loyalitas pelanggan. Penerapan sistem e-CRM dengan meimplementasikan kedua metode SCRUM dan analisis SWOT. Metode SCRUM merupakan perangkat lunak yang menggunakan pendekatan object oriented dan mencakup kegiatan planning, design, coding, dan testing. Implementasi metode Scrum dengan tiga fase: pregame, fase scrum, post-game. Setelah aplikasi diimlementasikan dilakukan evaluasi dengan dengan metode SWOT memaksimalkan kekuatan (Strengths) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats), dari proses sprint yang sudah selesai dilakukan review, dan dilakukan perubahan diperlukan. Hasil metode SWOT digambarkan grafik berada kanan atas dari pertemuan sumbu Y yang oportunnity 0,63 dan 0,22 Strength sebagai sumbu X. Dapat disimpulkan bahwa strategi framework CRM dapat diterapkan dengan tujuan utama perusahaan dapat mempermudah pelayanan pelanggan dan mampu mempengaruhi loyalitas pelanggan serta dapat mendukung proses bisnis S2 Trans Karawang.
Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Bisnis, Pelanggan, Analisis SWOT, Informasi