IMPLEMENTASI SYSTEM USABILITY SCALE UNTUK PENGEMBANGAN MODEL COMPUTER BASED TEST PADA PESANTREN NAFIDATUNNAJAH
DOI:
https://doi.org/10.37277/stch.v32i3.1407Abstrak
ABSTRAK
Sudah satu tahun berlalu pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia, mulai dari sektor pariwisata, ekonomi, dan lainnya termasuk pendidikan juga ikut terkena dampaknya. Tentu proses pembelajaran dan penilaian menjadi sulit dilakukan, salah satunya di Pesantren Nafidatunnajah yang terletak di perbatasan di Rawakalong, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Pesantren Nafidatunnajah memiliki pendidikan formal meliputi pendidikan SMK, MTS, dan MI. Teknologi informasi dan komputer dimana saat ini dapat dimanfaatkan menjadi faktor yang sangat utama dalam dunia pendidikan, dari pembelajaran tatap muka offline menjadi online menggunakan e-learning, Zoom meeting, termasuk merubah Paper Based Test menjadi Computer Based Test (CBT). Penelitian ini menggunakan model perangkat lunak Rapid Appication Development (RAD) dan tools Unified Modelling Language. Dengan dibuatnya pengembangan model CBT ini, diharapkan dapat memberikan solusi sarana pengujian tes masuk yang akan diukur menggunakan Metode System Usability Scale. Pada guru, diambil user respon 10 guru dan pada calon siswa/i diambil user respon 20 calon siswa/i dengan di uji coba memakai aplikasi CBT berbasis web pada browser di komputer masing-masing, kemudian mengisi lembar kuisioner. Output yang diperoleh dengan menggunakan System Usability Scale pada aplikasi ini adalah kemudahan di dalam penggunaannya, lebih praktis dan cepat, hal ini dinyatakan oleh calon siswa/i sebesar 77% dan guru sebesar 76%.
Kata Kunci: Computer Based Test, RAD, Web, Unified Modelling Language, System Usability Scale