Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Kosmetik Pemutih Wajah pada Remaja Putri SMK X Jakarta

Analysis of the Effect of Attitude and Subjective Norms On The Intention To Buy Face Whitening Cosmetics In Teenage Girl of SMK X Jakarta

Penulis

  • Ainun Wulandari Fakultas Farmasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional
  • Firdha Aprilya Utami Fakultas Farmasi, Institut Sains dan Teknologi Nasional

DOI:

https://doi.org/10.37277/sfj.v14i1.936

Kata Kunci:

kosmetik pemutih wajah, niat beli, norma subjektif, remaja putri, sikap

Abstrak

Masa remaja merupakan masa pembentukan identitas diri. Identitas diri biasanya terbentuk melalui interaksi sosial. Kebanyakan remaja putri beranggapan bahwa cantik identik dengan putih, sehingga mereka terdorong untuk membeli produk kosmetik pemutih wajah. Niat berperilaku menurut teori perilaku terencana dipengaruhi oleh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dipersepsikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari sikap dan norma subjektif terhadap niat beli kosmetik pemutih wajah pada remaja putri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah remaja putri SMK X Jakarta berusia 15-17 tahun, sebanyak 253 sampel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan pengaruh variabel sikap terhadap niat beli adalah 13,9% (p value < 0,05), dan pengaruh variabel norma subjektif terhadap niat beli adalah 13,2% (p value < 0,05). Niat membeli kosmetik pemutih wajah pada remaja putri SMK X Jakarta dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh sikap dan norma subjektif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-03-31

Cara Mengutip

Wulandari, A., & Utami, F. A. (2021). Analisis Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Kosmetik Pemutih Wajah pada Remaja Putri SMK X Jakarta: Analysis of the Effect of Attitude and Subjective Norms On The Intention To Buy Face Whitening Cosmetics In Teenage Girl of SMK X Jakarta. SAINSTECH FARMA, 14(1), 40–46. https://doi.org/10.37277/sfj.v14i1.936

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>